Selasa, 26 Juli 2011

Hakikat Tujuan Pendidikan : Mencapai Kedewasaan

Dari sekian banyak teori dan definisi tentang tujuan pendidikan yang dikemukakan oleh para pakar di bidang pendidikan, dapat kita ambil intinya adalah untuk menciptakan manusia yang dewasa. Kedewasaan yang dimaksud dalam tujuan pendidikan tentu berbeda dengan dewasa menurut agama maupun Undang-Undang, atau menurut ilmu pengetahuan lainnya.

Adapun kedewasaan yang dicapai dalam pendidikan itu ialah terwujudnya kemandirian seseorang. yaitu kemandirian dalam berpikir, bersikap, dan bertindak, yang otomatis dengan sendirinya ia akan mampu mempertanggungjawabkan semua yang ia hasilkan dari buah pikirannya, sikapnya dan tindakannya.

  1. Kemandirian dalam berpikir, Salah satu indikator kedewasaan itu dalah kemandirian dalam berpikir, artinya seseorang itu mampu berpikir dengan sendirinya dan tidak isa 'didikte' oleh siapa pun. 
  2. Kemandirian dalam bersikap, ciri yang kedua ini akan tampak pada sikap seseorang sehari-hari, seperti dia akan mengambil sikap dengan sendirinya bila mana ia dihadapkan kepada sesuatu suasana., tanpa menunggu instruksi dari orang lain.
  3. Kemandirian dalam bertindak, kemandirian yang ini tampak dalam keseharian seseorang ketika melaksanakan aktivitasnya sehari-hari, tanpa menunggu ada yang menyuruhnya ia otomatis melaksanakan semua kewajibannya dan tanpa ada yang melarangnya ia dengan sendirinya akan meninggalkan segala yang tidak boleh ia laksanakan.
Perlu juga kita ketahui bahwa kemandirian yang ada pada seseorang itu bila mana sudah mencapai kedewasaan bukanlah mesti benar semua pikiran, sikap dan tindakannya, melainkan yang terlebih penting adalah kemandirian yang ada pada dirinya sertaberani mempertanggung jawabkan semua yang telah ia lakukan bila mana ia melakukan kesalahan.

akhirnya, sebagai praktisi pendidikan yang terlebih penting adalah mengarahkan para siswa kita untuk menuju kedewasaan itu sebagai tujuan akhir pendidikan itu sendiri.
wallohu a'lam.

0 komentar:

Posting Komentar