Rabu, 08 Februari 2012

Menciptakan suasana belajar yang Menarik dengan Teknologi

Banyak hal yang bisa dilakukan oleh guru dalam membuat suasana pembelajaran menjadi variatif dan menyenangkan dengan kemajuan teknologi seperti saat ini. sarana yang disediakan oleh sekolah harus bisa dieksplorasi semaksimal mungkin oleh setiap guru guna untuk menjadikan pembelajaran lebih menarik.

Sangat sederhana, bila mana selama ini guru hanya cenderung mengajar melalui ceramah langsung, sesekali guru boleh memutar video atau audio ceramah yang sudah direkam oleh guru sendiri dan kalau bisa videonya sudah diedit sehingga yang terdengar hanya yang penting-penting saja. Atau guru bisa mendownloadnya di situs-situs tersedia seperti youtube.com

Selain itu, sesekali guru juga bisa memutar film tentu film yang dimaksud harus ada kaitannya dengan materi pembelajaran. misalnya waktu mengajarkan seni budaya tentu film-film yang bergenre daerah cocok, atau waktu mengajarkan bahasa inggris, guru bisa memutar film yang berbahasa inggris tanpa ada teks terjemahan, dengan arti untuk menguji penguasaan listening seorang siswa.

Masih banyak lagi yang bisa dilakukan tinggal pertanyaannya apakah kita mau berubah untuk lebih baik atau tidak?

0 komentar:

Posting Komentar