Kamis, 08 Maret 2012

Manfaat Prakerin Bagi Siswa SMK

Prakerin merupakan salah satu bagian dari kurikulum yang ada di SMK, Paling tidak setiap anak idealnya melakukan prakerin selama enam bulan selama duduk di bangku SMK. atau paling tidak minimal tiga bulan. Ini adalah bentuk dari sikap SMK dalam menempah tenaga kerja yang siap kerja.

Prakerin bertujuan memberikan dan sekaligus mengajarkan kepada anak didik akan dan bagaimana kehidupan di dunia kerja. disamping ajang uji coba ilmu yang ia pelajari. melalui
prakerin siswa diharapkan mampu memahami tentang bagaimana tata dan aturan di dunia industri/usaha, sehingga ketika ia nantinya tamat ia sudah benar-benar siap bekerja baik secara keilmuan maupun secara kejiwaan dan mental.

Melalui prakerin paling tidak manfaat yang harus diambil oleh siswa SMK adalah :
1. Mengajarkan ia akan perlunya semangat dan disiplin tinggi sebagaimana di dunia kerja.
2. Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan dan ilmu serta skill yang ia miliki, sehingga kekurangannya akan ia lengkapi bila mana ia sudah kembali ke sekolah.
3. Mengajarkannya bagaimana kehidupan yang sebenarnya.




Maka oleh karena itu, prakerin harus menjadi sesuatu yang prioritas bagi setiap penyelenggara pendidikan SMK, untuk mengembangkan dan menciptakan lulusan yang handal dan siap bekerja, sesuai dengan semangat SMK itu sendiri.

dan untuk mencapai prakerin itu berhasil dengan tujuan yang diinginkan diperlukan diadakan pra prakerin, yaitu kegiatan untuk memberikan persiapan bagi siswa sebelum terjun ke lapangan. meliputi persiapan kemampuan, keahlian, sikap, prilaku, mental dan administrasi.

3 komentar:

  1. manfa'at dan tujuan yg di post kn bgus tp msh banyak manfaat lain yg menunggu di post kn,,,

    BalasHapus
  2. Mantaap ne gan... thank's ya dah share

    BalasHapus
  3. artikelnya bagus,ini sangat bermanfaat bagi pembaca terima kasih

    BalasHapus