Senin, 02 Mei 2011

Hardiknas Tidak Ada Di Sekolahku

(Ombusans, 1 Mei 2011) Hari ini tanggal 2 Mei 2011, tahukah kamu hari apa ini? ya.. ini Hari Pendidikan Nasional. pagi tadi, di pikiran saya sudah tergambar bahwa nanti di sekolah pasti akan dilaksanakan peringatan Hardiknas, ya umumnya sekolah-sekolah lain. Setibanya di sekolah, ternyata tidak ada yang berbeda, semua berlangsung seperti apa adanya, siswa masuk kelas, belajar, guru mengajar, ya.. seperti biasanya. lalu saya bertanya kepada salah seorang guru, "pak, ga ada acara ya, ini kan Hardiknas?". guru itu hanya menggeleng-gelengkan kepalanya layaknya aksi personel Projek Pop waktu melantunkan lagu Metal vs Dugem.

Saya teringat, sekitar sepuluh hari yang lalu ketika itu sekolah saya dengan hebohnya mengadakan peringatan Hari Kartini. Peringatan itu layaknya sebuah pesta, penuh kegembiraan, ada music, pentas seni, segala jenis lomba siswa dan lomba guru. Maka saya sangat heran ketika peringatan Hardiknas tidak ada di sekolahku. Tentu Hari Kartini penting, tapi Hardiknas pun sangat penting, maka sangat ironi ketika kita dengan berpoya-poya merayakan Hari Kartini, tapi ketika tiba Hardiknas kita malah diam, seolah-olah tidak terjadi apa-apa. Sebenarnya kalau memang kita harus memilih, mana yang lebih utama bagi sekolah kita yang notabenenya ujung tombak pendidikan itu, Hari Kartini, atau Hardiknas??

Akan tetapi, menurut saya kejadian ini, akibat tidak baiknya perencanaan program yang telah kita susun. dan kita cenderung tiba-tiba tanpa adanya rencana yang matang.

Semoga kita dapat berbenah diri...
asa itu masih ada...

0 komentar:

Posting Komentar