Sabtu, 19 Oktober 2013

Kesimpulan BAB Beriman Kepada Rasul (pelajaran SMK/SMA)


Kesimpulan pelajaran BAB beriman Kepada Rasul-Rasul Allah :
  1. Beriman kepada rasul adalah satu rukun dari rukun iman, yang mana merupakan hal yang mutlak kita imani dalam rangka menyempurnakan keimanan kita.
  2. Makna beriman dengan rasul adalah : meyakini atau mempercayai dengan sunguh-sungguh tanpa ada keraguan bahwa rasul-rasul itu ada sebagai utusan Allah.
  3. Pengertian Rasul adalah Seorang manusia pilihan Allah yang diberikan kepadanya wahyu dan berkewajiban untuk menyampaikannya kepada manusia (ummatnya).
  4. Jumlah Rasul ada banyak hanya Allah yang tahu pastinya, tapi yang wajib kita imani ada 25
  5. sifat-sifat Rasul : 1). Sifat yang wajib ada 4, Siddiq (jujur), amanah (terpercaya), Tabligh (menyampaikan) dan Fathonah (cerdas). 2). Sifat yang mustahil ada 4, Kazib (berbohong), khianat (tidak dapat dipercaya), kitman (menyembunyikan) dan Baladah (bodoh)
  6. Adapun sifat yang jaiz (harus) adalah : Semua sifat manusia (sifat basyariah) selama tidak menjatuhkan derajatnya sebagai rasul dan menjauhkan dia dari manusia.
  7. Nama-nama Rasul yang 25 : Adam, Idris, Nuh, Hud, Sholeh, Ibrahim, Luth, Isma'il, Ishaq, Yakub, Yusuf, Ayyub, Syu'aib, Musa, Harun, Zulkifli, Daud, Sulaiman, Ilyas, Ilyasa', Yunus, Zakaria, Yahya, Isa, Muhammad SAW.
  8. Diantara Rasul yang 25 itu ada yang mendapat gelar ulul azmi.
  9. Ulul azmi adalah : Rasul yang mendapat gelar keistimewaan dikarenakan cobaan dan kesabarannya dalam berdakwah.
  10. Rasul yang mendapat gelar tersebut ada 5 : Nuh, Ibrahim, Musa, Isa dan Muhammad SAW.
Paling tidak itulah kesimpulan sederhana tentang materi beriman dengan Rasul yang diajarkan kepada Siswa Kelas XI SMK/SMA. tentu ini adalah masih dasar standar (yang wajib diketahui dan dihafal) dan masih perlu pengembangan demi memantapkan keimanan kita.

0 komentar:

Posting Komentar