Kamis, 31 Oktober 2013

Kesimpulan Materi : Akhalak Terpuji (Taubat dan Raja')

Salah satu tujuan utama Nabi Muhammad SAW diutus adalah untuk memperbaiki akhlak manusia, oleh karena itu akhlak merupakan hal yang terpenting di dalam beragama. Akhlak adalah meliputi perkataan, prilaku dan sifat manusia, akhlak ini terbagi kepada kepada dua jenis : akhlak mahmudah (terpuji) dan akhlak mazmumah (tercela). Akhlak lah yang membuat manusia itu mulia atau hina, banyak orang yang kaya dan pintar tapi akhlaknya buruk maka ia akan terhina, begitu juga banyak orang yang hidupnya biasa saja tapi akhlaknya bagus maka hidupnya akan mulia.
Islam mengajarkan kita tentang akhlak secara spesifik contoh : akhlak kepada orang tua, guru, teman sejawat, bertetangga, bernegara, bersosial, berbisnis dan bahkan akhlak kepada orang yang beragama lain.
Secara sederhananya akhlak terpuji adalah : akhlak yang dicintai dan disukai Allah, dan sebaliknya akhlak tercela adalah akhlak yang dibencihi Allah.
Salah satu contoh Akhlak terpuji yang dipelajari di SMK/SMA kelas XI semster I adalah Taubat dan Raja'

A. Taubat
Pengertian TaubatSecara Bahasa taubat berasal bahasa Arab taaba – yatuubu – taubatan yang berarti kembali. Maksudnya,kembali dari segala yang tercela menurut agama Islam , menuju semua hal yang terpuji.Sedangkan menurut istilah taubat adalah kembalinya seorang hamba kepada Allah dari segala perbuatan dosa yang pernah dilakukan, baik secara sengaja atau tidak sengaja, dahulu, sekarang dan yang akan datang.


Taubat apabila dibahasakan secara ringkas adalah meninggalkan atau menyesali dosa dan berjanji tidak mengulanginya lagi (penyesalan atas semua perbuatan tercela yang pernah dilakukan).AYAT PERINTAH BERTAUBATوَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَا الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ“Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah wahai orang-orang yang beriman semoga kamu berjaya.” (Surah Al-Nur, 24: 31)قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ“Katakanlah wahai hamba-hambaKu yang telah melampaui batas ke atas diri mereka; janganlah kamu berputus harapan dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampunkan segala dosa-dosa. Sesungguhnya Dia Maha Pengampun lagi Maha Mengasihani.” (Surah Al-Zumar: 53)

Pengertian Dosa adalah Ganjaran akibat menyalahi peraturan Allah SWT (Al-Qur'an dan Hadis)


Macam-Macam DOSA ditinjau dari objeknya :
1. Dosa Yang berkaitan dengan Allah
2. Dosa yang berkaitan dengan Manusia


Cara Bertaubat dari dosa yang berkaitan dengan Allah SWT :


  1. Menyadari kesalahan
  2. Menyesali kesalahan
  3. Berjanji tidak akan mengulangi kesalahan
  4. Mengiringinya dengan perbuatan baik
Cara Bertaubat dari dosa yang berkaitan dengan manusia
  1. Menyadari kesalahan
  2. Menyesali kesalahan
  3. Berjanji tidak akan mengulangi kesalahan
  4. Mengiringinya dengan perbuatan baik
  5. Mengembalikan hak orang yang telah kita zolimi





2. Raja;

artinya mengharap, yaitu mengharap pertolongan dari Allah. jadi Raja' adalah sifat dimana manusia senantiasa mengharap pertolongan Allah. Raja' bisa juga diartikan dengan optimis, yaitu merasa yakin akan pertolongan Allah akan selalu ada dalam hidupnya.

0 komentar:

Posting Komentar