Selasa, 24 Mei 2016

CONTOH SINOPSIS CRITICAL BOOK REPORT

SINOPSIS
Pendidikan yang bermutu adalah harapan semua pihak, baik pemerintah, sekolah, pendidik, peserat didik dan masyarakat. Mutu pendidikan tidak akan datang secara tiba-tiba, melainkan mutu pendidikan harus diupayakan dengan tindakan-tindakan yang nyata, terencana dan terukur.
Pemerintah melalui UU No.19 Tahun 2005 telah menetapkan bahwa ada delapan standar pendidikan yang harus dipenuhi oleh setiap satuan pendidikan untuk mewujudkan mutu pendidikan nasional. Akan tetapi pada kenyataannya belum semua satuan pendidikan mampu memenuhi standar tersebut. Akhirnya mutu pendidikan secara nasional belum dirasa menggembirakan.

Pendidikan bermutu tidak dapat berdiri sendiri, dalam buku ini di jelaskan ada dua hal yang diharapkan mampu memperbaiki mutu pendidikan nasional, yakni : dengan menghasilkan calon guru yang berkualitas dan dengan menerapkan sistem manajemen mutu pendidikan.
Guru yang bermutu hanya lahir dari LPTK yang bermutu.  Sedangkan untuk menciptakan LPTK yang bermutu harus dilakukan Sistem Manajemen Mutu. Salah satu hal dalam manajemen mutu adalah Sistem Penjaminan Mutu. Sistem penjaminan mutu bertujuan untuk mengawal segala aktivitas pendidikan di satuan pendidikan berjalan dengan semestinya.
Buku yang ditulis oleh Dr. Bujang Rahman, M.Si. (Dosen Manajemen Pendidikan Universitas Lampung) ini memnuat tentang pentingnya menerapkan sistem manajemen mutu pendidikan di LPTK sebagai upaya untuk memperbaiki mutu pendidikan nasional. Selanjutnya Rahman juga melengkapi buku ini dengan ide-ide dan gagasan dalam penerapan manajemen mutu ppendidikan LPTK yang bermuara pada melejitkan produktivitas LPTK.

0 komentar:

Posting Komentar