Selasa, 24 Mei 2016

Contoh Catatan Lapangan Alamiah

CATATAN LAPANGAN
HASIL OBSERVASI

Medan, 20 April 2016
Pukul 07.15-07.3 5
SD SWASTA NAMIRA
Jl. Setia Budi Pasar I No.76

Apel Pagi
(Kegiatan sebelum masuk kelas)

Sekitar pukul tujuh kurang lima menit WIB saya tiba di Sekolah Dasar (SD) Namira yaitu pada waktu belum dibunyikan bel dan pelajaran belum dimulai. Pada hari itu saya mengenakan baju batik warna coklat dan putih, celana keper warna coklat tua. Sebelum saya datang ke SD Namira ini, tiga hari sebelumnya saya menelepon kepala sekolahnya yaitu bapak Syafrizal, saya menyampaikan bahwa saya mempunyai tugas kuliah untuk mengadakan observasi. Saya menanyakan tentang aktivitas ssiswa selama di sekolah, kemudian pak Syafrizal menjawab : “ aktivitas sekolah dimulai dari pukul 07.15 sd. 13.30 WIB. Pada pukul 07.15 sd. 07.35 kami mengadakan apel pagi, setelah selesai apel pagi barulah dimulai aktivitas pembelajaran. Sedangkan jam istirahat pukul 10.15 sd. 10.30 dan 12.15. 12.30. silahkan datang ke sekolah, saya menerima kedatanganmu.”

Pada pagi hari itu sinar matahari sudah terlihat sehingga cuacanya sudah mulai terasa hangat. Setelah saya mematkirkan sepeda motor saya di parkiran, lalu saya menjumpai seorang laki-laki yang tidak terlalu tinggi, berpakaian kemeja putih lengan pendek dan celana biru tua, serta memakai sepatu kulit warna hitam mengkilat. Di pinggang sebelah kirinya ada sangkur dan sarungnya.
KP. : Dari pakaiannya itu saya meyakini laki-laki tersebut adalah seorang Satpam (security). (tidak boleh ada, lebih bagus dibuat di KP, atau catatan replektif.
 Lalu saya mendekati laki-laki tersebut, lalu saya menyampaikan tujuan saya datang ke sekolah itu untuk bertemu kepala sekolah. Lalu laki-laki tadi mengatakan “ tunggu sebentar, pak.” Kemudian dia berjalan menuju sebuah meja lalu mengambil sebuah buku yang disampulnya tertulis “Buku Tamu” lalu laki-laki tadi berkata :”Pak, silahkan diisi dulu disini”. Kemudian saya melekukan apa yang diminta oleh laki-laki tadi.

KP. : Rupa-rupanya meja itu adalah meja kerjanya, dan satpam tadi menyuruh saya untuk mengisi buku tamu terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam sekolah. Di buku tamu itu saya disuruh untuk menuliskan, nama, asal/instansi, tujuan/keperluan, dan no. HP.

Setelah saya selesai melaksanakan apa yang dimintakan oleh laki-laki tadi yaitu mengisi buku tamu, kemudian dia mengambil dari dalam lacinya sebuah bet/name tag berwarna hijau dengan tulisan “VISITOR”, dan dia menyuruh saya untuk mengenakannya di di dada.
KP. : rupanya name tag tadi bertujuan untuk membedakan mana guru/karyawan sekolah dan mana yang pengunjung.

BERSAMBUNG

0 komentar:

Posting Komentar