Minggu, 15 Januari 2012

Empat Pilar Pendidikan

Organisasi Pendidikan Dunia (Unesco) telah merilis ada empat pilar yang merupakan landasan suatu pendidikan agar pendidikan itu berhasil dan berdaya guna. yaitu :
1. Learning to know, pembelajaran untuk mengetahui. Pilar yang pertama ini menegaskan bahwa salah satu unsur pendidikan itu adalah pembelajaran bagaimana untuk mengetahui sesuatunya. pilar ini menunjukkan bahwa proses pendidikan adalah usaha untuk menyampaikan pengetahuan sebanyak-banyak bagi siswa/anak didik.

2. Learning to do, pebelajaran untuk berbuat. Muara pendidikan itu adalah berbuat sesuatu atau mengaplikasikan pengetahuannya dalam bentuk tindakan yang riil. nah, pilar yang kedua ini kiranya menjadi landasan bagi setiap praktisi pendidikan dalam menyusun kurikulum hendaknya pengetahuan yang diberikan kepada siswa harus seimbang antara teori dan praktik.

3. Learning to be, pembelajaran untuk menjadi sesuatu. Segala pengetahuan dan keterampilan yang diberikan kepada siswa/anak didik bukan hanya untuk dilakukan akan tetapi juga harus melekat dalam hati anak didik itu, sehingga dengan pengetahuan yang ia dapati harus menjadikannya menjadi manusia yang baik yang berguna.

4. Learning to life together, pembelajaran untuk hidup bersama. Manusia adalah makhluk sosial, maka melalui pendidikan kiranya dapat mengajarkan kepada anak didik bagaimana agar ia bisa bergaul dan bersosialisasi dengan manusia lain. bagaimana pun salah satu tujuan pendidikan secara umum adalah untuk menciptakan suasana yang tenang dan aman.

melalui keempat pilar pendidikan di atas, kiranya menjadi landasan bagi setiap guru dalam mengajarkan pelajaran bagi siswa-siswanya.

0 komentar:

Posting Komentar