Jumat, 27 Januari 2012

Melatih Siswa Hidup Sehat

Seorang Dokter kecil memeriksa kebersihan kuku dan
tangan siswa yang lainnya
 Sebenarnya banyak yang bisa kita lakukan untuk menyadarkan siswa akan pentingnya hidup sehat dan bersih. yang paling populer mungkin di kalangan kita adalah dengan membimbing anak-anak dalam hal :
  1. mandi dua kali sehari,
  2. Cuci tangan pakai sabun,
  3. Membuang sampah pada tempanya,
  4. Mengingatkan siswa agar memotong kuku minimal sekali seminggu.
  5. dll
Siswa antri untuk pemeriksaan kuku dan tangan sebelum masuk kelas
dibimbing oleh dokter kecil
Banyak pakar kesehatan mengatakan bahwa salah satu cara penularan penyakit dan kuman yaitu melalui tangan, tangan yang kotor yang tidak dicuci dengan bersih memakai sabun, apa lagi mempunyai kuku yang panjang sehingga kotoran mudah masuk dan sulit untuk dibersihkan, maka disini kuman akan cepat berevolusi. Oleh karena itu kebersihan tangan sangat riskan bagi kesehatan kita.

Dalam kaitannya dengan pendidikan kepada anak di sekolah, sekolah bisa membuat program pemeriksaan tangan termasuk kuku sebelum masuk kelas. Tentu guru atau sekolah harus menyediakan alat-alat yang menunjang program ini, seperti sabun jangan pernah habis, gunting kuku untuk memotong kuku siswa yang sudah panjang.

Untuk memudahkan guru dan agar berjalannya proses pendidikan guru/sekolah bisa menggunakan jasa dokter kecil atau remaja yang ada di sekolah tersebut sebagaimana yang sudah diterapkan oleh Sekolah Namira beberapa tahun yang lalu. di samping utnutk memudahkan guru dan sekolah ini juga bertujuan agar meningkatkan keterampilan dan kesaran siswa akan pentingnya hidup bersih dan sehat.

0 komentar:

Posting Komentar