Kamis, 13 Oktober 2011

Pengelolaan Kelas diperlukan Sikap Pe-De


Pengelolaan kelas pada dasarnya bersumber dari guru itu sendiri, kelas akan damai dan tenang bilamana guru mampu mengendalikan begitu juga kelas akan kacau balau jika guru kurang cakap dalam pengelolaan kelas. Keterampilan dalam mengelola kelas akan sangat mempengaruhi kelancaran dan keberhasilan belajar. karena aktivitas belajar tidak akan berjalan dengan baik bilamana suasana kelas tidak kondusif.
Guru yang baik adalah guru yang mampu mengendalikan kelas, ibarat sutradara dalam sebuah film, begitulah peran seorang guru dalam mengendalikan aktivitas pembelajaran sesuai dengan skenario yang sudah tertuang dalam RPP. akan tetapi hal itu tidak gampang, selalu mengalami kendala dan hambatan, oleh karena itulah seorang guru harus kreatif, jeli, cerdas, bijaksana dan satu lagi PERCAYA DIRI.

Orang atau pun siswa akan lebih tertarik kepada guru yang tidak ragu-ragu dalam bertindak dan berpendapat. Sikap percaya diri inilah yang akan mebuat seorang guru mampu mengendalikan kelas dengan leluasa. layaknya seorang Sutradara yang berani mengarahkan bahkan 'membentak' aktor/aktris senior sekali pun dan menghentikan pembuatan film kapan pun ia mau.

akhirnya, semoga tulisan sederhana ini dapat bermanfaat. Ingatlah, Orang yang memberi kebaikan kepaa orang lain Allah akan memberi kebaikan kepadanya.

wallo a'lam

0 komentar:

Posting Komentar