Kamis, 20 Oktober 2011

Mengapa Siswa Tidak Mau Bertanya...???

Hambatan belajar yang sering terjadi adalah siswa tidak mau bertanya dalam kelas, akibatnya pembelajaran berlangsung secara monoton dan satu arah dan ini cenderung tidak baik. Bertanya adalah salah satu bentuk keaktifan siswa dalam belajar, oleh karenanya siswa yang sering bertanya pemahamannya biasanya lebih bagus dibanding siswa yang hanya diam mendengarkan. tapi kenyataannya masih sedikit siswa yang menyadarinya, kenapa..???

Paling tidak ada tiga alasan mengapa siswa tidak mau/malas bertanya.

1. Dikarenakan Guru tidak kounikatif, Guru yang tidak mampu memainkan perannya sebagai komunikator dalam kelas mengakibatkan siswa malas bertanya. oleh karena itu Guru haruslah mampu mengajak siswanya berkomunikasi di kelas sehingga suasana belajar semakin hidup.

2. Siswa Yang Tidak Paham,  semakin banyak siswa tidak paham akan pelajaran yang disampaikan oleh guru maka peluang untuk bertaya kepada guru semakin sedikit, kenapa karena dalam hatinya percuma ia menanyakan satu poin sementara poin yang lainya juga ia belum paham (hampir semua ia belum paham), toh, guru tidak akan mungkin mengulang pelajarannya dari nol, dan ini adalah anggapan yang ada dalam hati siswa yang bingung akibat ketidaktahuannya terhadap pelajaran. berbeda dengan siswa yang tidak paham akan sebagian kecil biasanya peluang untuk bertanya lebih besar.

3. Siswa yang Tidak Pe-De, Sikap percaya diri bertanya memang tidak dimiliki oleh semua siswa, sehingga banyak juga siswa yang tidak pe-de untuk mengajukan sebuah pertanyaan.

Maka dari itu tugas seorang guru adalah memberikan stimulus kepada siswa agar mereka berani mengajukan pertanyaan akan hal-ha yang belum mereka pahami sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal.

0 komentar:

Posting Komentar