Jumat, 21 Oktober 2011

Sekolah Ideal : Sekolah yang mengamalkan 8 K

 Semua orang tentunya ingin mendapat pelayanan pendidikan yang ideal, nah, pelayanan pendidikan yang ideah itu hanya didapat di sekolah yang Ideal. pertanyaannya bagaimanakan konsep sekolah yang ideal itu?.
Secara sederhana Sekolah Namira (TK, SD,SMP,SMK,MDA) merumuskan konsep sebuah sekolah ideal yaitu sekolah yang menerapkan 8 K. yaitu:

  1. Keimanan, Bagaimanapun Sekolah adalah wadah untuk menempah keimanan anak sehingga nantinya dia akan menjadi manusia yag bertaqwa sebagaimana amanat tujuan pendidikan nasional. oleh karena itu, sekolah haruslah menerapkan nilai-nilai keimanan itu sendiri dalam aktivitas pendidikan di sekolah, seperti membiasakan salam, ibadah pada waktu yang tepat, berdoa sebelum dan sesudah memulai pelajaran. Keimanan mendapat tempat yang pertama karena dianggap yang mempengaruhi perilaku seserang lebih didominasi oleh kuat dan lemahnya iman.
  2. Keamanan, Warga sekolah mempunyai kebutuhan yang sama akan keamanan sehingga bilamana lingkungan sekolah aman, maka suasana belajar pun berlangsung dengan baik dan efekif. oleh karena itu di sebuah sekolah yang standar haruslah mempunyai tenaga pengaman seperti Satpam dsb.
  3. Ketertiban, Sekolah sebagai wadah pendidikan haruslah memberi contoh/replika tentang suasana yang tertib bagi siswa-siswanya sekaligus mengajak siswa agar ikut serta berpartisipasi dalam mewujudkan ketertiban sekolah sehingga nantinya siswa tersebut trebiasa dalam kehidupannya sehari-hari.
  4. Kebersihan, dari jaman dahulu para guru sudah mengkampanyekan tentang pentingya kebersihan, bersih itu sehat, kebersihan itu sebagian dari iman. lingkungan yang bersih membuat proses belajar pun menjadi tenang dan nyaman.
  5. Keindahan, bersih, tertib dan aman belum lengkap kalau belum indah, maka keindahan tidak bisa diacuhkan dalam meujudkan sekolah yang ideal. 
  6. Kerindangan, Sekolah sebagai wadah pendidikan tidak terlepas dari lingkungan hidup, oleh karena itu sekolah juga harus memperdulikan elemen yang satu ini.
  7. Kesehatan, Sekolah harus sehat
  8. Kekeluargaan, Sekolah harus menciptakan iklim yang harmonis layaknya sebuah keluarga.

0 komentar:

Posting Komentar