Rabu, 16 September 2015

Makalah Pendidikan : Aliran-aliran Pendidikan

Ada beberapa aliran dalam pendidikan, yang populer ada tiga aliran, tapi seiring berjalannya waktu dan berkembangnya ilmu pengetahuan maka aliran-aliran pendidikan itu menjadi banyak. 
aliran pendidikan dibagi atas dua aliran pokok yaitu aliran konvensional dan aliran baru.

1. Aliran Konvensional
yaitu aliran yang membahas faktor-faktor dasar yang mempengaruhi perkembangan dan pendidikan manusia. aliran konvensional ini terdiri atas : empirisme, nativisme, naturalisme dan konvergensi.

1.1 Empirisme.
inti dari aliran ini adalah menganggap faktor yang mempengaruhi perkembangan dan pendidikan manusia itu adalah lingkungan dan pengalamannya. anak dilahirkan bagaikan kertas putih dan suci, lingkunganlah yang membuat tulisan di kertas tersebut, apakah tulisannya bagus atau buruk. Maka perkembangan anak dipengaruhi seratus persen oleh lingkungan. aliran ini disebut juga dengan aliran 'tabularasa'


1.2. Nativisme
Aliran nativisme ini adalah kebalikan dari Empirisme. jika dalam aliran empirisme perkembangan seseorang itu dipengaruhi oleh lingkungannya, maka dalam aliran nativisme ini perkembangan seseorang itu dipengaruhi oleh bawaan lahirnya (bakat). lingkungan tidak bisa mempengaruhi seseorang, melainkan bakatnya lah yang mempengaruhi perkembangan dan pendidikannya seratus persen.

1.3. Naturalisme
 aliran ini dinamakan juga dengan aliran negativisme. Negativisme ialah aliran yang meragukan pendidikan untuk perkembangan seseorang karena ia dilahirkan dengan pembawaan yang  baik. oleh karena itu menurut aliran ini mendidik anak harus dikembalikan kepada alam agar pembawaan seseorang yang baik tidak dirusak oleh pendidik.

1.4. Konvergensi
Aliran ini adalah perkawinan antara aliran empirisme dan nativisme. oleh karena itu aliran ini berpendapat bahwa perkembangan dan pendidikan seseorang itu dipengaruhi oleh bawaan lahir (bakat) dan lingkungannya. maka hendaknya seorang pendidik mampu menciptakan lingkungan yang baik agar pembawaan (bakat) peserta didik dapat berkembang dengan baik.

2. Aliran Baru

2.1 Pengajaran Alam Sekitar


Sumber :
Zahara Idris dan Lisma Jamal, Pengantar Pendidikan, (Jakarta : Grasindo) 1992. Hal 5-9

0 komentar:

Posting Komentar