Selasa, 23 Oktober 2018

Aliran Filsafat pendidikan Esensialisme


Esensialisme suatu filsafat pendidikan konservatif yang pada mulanya dirumuskan sebagai suatu kritik terhadap trend-trend progresif di sekolah-sekolah.
Esensialisme, yang memiliki beberapa kesamaan dengan perenialisme, berpendapat bahwa kultur kita telah memiliki suatu inti pengetahuan umum yang harus diberikan di sekolah-sekolah kepada para siswa dalam suatu cara yang sistematik dan berdisiplin.
Implikasi filsafat pendidikan Esensialisme sebagai berikut:
1)        Tujuan pendidikan
Transmisi kebudayaan untuk menentukan solidaritas social dan kesejahteraan umum
2)        Kedudukan siswa

Sekolah bertanggung jawab atas pemberian pengajaran yang logis atau dapat
dipercaya.Sekolah berkuasa untuk menuntut hasil belajar siswa.Siswa belajar ke sekolah untuk belajar, bukan untuk mengatur pelajaran.
3)        Peranan guru
Guru harus terdidik. Secara moral ia merupakan orang yang dapat dipercaya,
dan secara teknis harus memiliki kemahiran dalam mengarahkan proses belajar.
4)        Kurikulum
Di pendidikan dasar berupa membaca, menulis, berhitung.Keterampilan berkomunikasi adalah esensial untuk mencapai prestasi skolastik dan hidup sosial yang layak. Kurikulum sekolah berisikan apa yang harus diajarkan.
5)        Metode
Metode tradisional, menekankan pada inisiatif guru.

0 komentar:

Posting Komentar