Esensialisme suatu filsafat pendidikan konservatif
yang pada mulanya dirumuskan sebagai suatu kritik terhadap trend-trend
progresif di sekolah-sekolah.
Esensialisme, yang memiliki beberapa kesamaan
dengan perenialisme, berpendapat bahwa kultur kita telah memiliki suatu inti
pengetahuan umum yang harus diberikan di sekolah-sekolah kepada para siswa
dalam suatu cara yang sistematik dan berdisiplin.
Implikasi filsafat pendidikan Esensialisme sebagai
berikut:
1) Tujuan pendidikan
Transmisi
kebudayaan untuk menentukan solidaritas social dan kesejahteraan umum
2) Kedudukan siswa
Sekolah
bertanggung jawab atas pemberian pengajaran yang logis atau dapat
dipercaya.Sekolah
berkuasa untuk menuntut hasil belajar siswa.Siswa belajar ke sekolah untuk
belajar, bukan untuk mengatur pelajaran.
3) Peranan guru
Guru
harus terdidik. Secara moral ia merupakan orang yang dapat dipercaya,
dan
secara teknis harus memiliki kemahiran dalam mengarahkan proses belajar.
4) Kurikulum
Di
pendidikan dasar berupa membaca, menulis, berhitung.Keterampilan berkomunikasi
adalah esensial untuk mencapai prestasi skolastik dan hidup sosial yang layak.
Kurikulum sekolah berisikan apa yang harus diajarkan.
5) Metode
Metode
tradisional, menekankan pada inisiatif guru.
0 komentar:
Posting Komentar