Rabu, 17 Oktober 2018

Aliran Filsafat pendidikan Realisme


Pada Pembahasan kali ini, adalah lanjutan dari postingan sebelumnya, pembahasan ini akan membahas tentang aliran filsafat pendidikan realisme.
Pada dasarnya realism merupakan filsafat yang memandang realitas secara dualitis.realisme berbeda dengan materialisme dan idealisme yang bersifat monistis. realisme berpendapat bahwa hakikat realitas ialah terdiri atas dunia fisik dan dunia rohani. realisme membagi realitas menjadi dua bagian, yaitu subjek yang menyadari dan mengetahui di satu pihak, dan dipihak lainnya adlah adanya realita di luar manusia, yang dapat dijadikan sebagai objek pengetahuan manusia.
Implikasi filsafat pendidikan Realisme sebagai berikut:
1)        Tujuan pendidikan

Penyesuaian hidup dan tanggung jawab sosial
2)        Kedudukan siswa
Dalam hal pelajaran, menguasai pengetahuan yang handal, dapat dipercaya.Dalam hal disiplin, peraturan yang baik dalah esensial untuk belajar. Disiplin mental dan moral dibutuhkan untuk memperoleh hasil yang baik
3)        Peranan guru
Menguasai pengetahuan, terampil dalam teknik mengajar dan dengan keras
menuntut prestasi dari siswa.
4)        Kurikulum
Kurikulum komprehensif mencakup semua pengetahuan yang berguna.Berisikan pengetahuan liberal dan pengetahuan praktis.
5)        Metode
Belajar tergantung pada pengalaman, baik langsung atau tidak langsung. Metode penyampaian harus logis dan psikologis. Metode Conditioning (SR) merupakan metode utama bagi realisme sebagai pengikut behaviorisme.


0 komentar:

Posting Komentar