Rekonstruksionalisme merupakan kelanjutan dari
gerakan progresivisme.Gerakan ini lahir didasari atas suatu anggapan bahwa kaum
progresif hanya memikirkan dan melibatkan diri dengan masalah-masalah
masyarakat yang ada pada saat sekarang ini.
Implikasi filsafat pendidikan Rekonstruksionalisme
sebagai berikut:
1) Tema
Pendidikan
merupakan usaha sosial.Misi sekolah adalah untuk meningkatkan rekonstruksi
sosial.
2) Tujuan pendidikan
Pendidikan
bertanggung jawab dalam menciptakan aturan sosial yang ideal.Transmisi budaya
adalah budaya esensial dalam masyarakat yang majemuk. Transmisi budaya harus
mengenal fakta budaya yang majemuk tersebut
3) Kedudukan siswa
Nilai-nilai
budaya siswa yang dibawa ke sekolah merupakan hal yang berharga. Keluhuran
pribadi dan tanggung jawab sosial ditingkatkan, manakala rasa hormat diterima
semua latar belakang budaya
4)
Peranan guru
Guru
harus menunjukkan rasa hormat yang sejati (ikhlas) terhadap semua budaya, baik
dalam memberi pelajaran maupun dalam hal lainnya. Pelajaran
sekolah
harus mewakili budaya masyarakat.
5) Kurikulum
Kurikulum
sekolah tidak boleh didominasi oleh budaya mayoritas maupun oleh budaya yang
ditentukan atau disukai.Semua budaya dan nilai-nilai yang berhubungan berhak
untuk mendapatkan tempat dalam kurikulum.
6) Metode
Sebagai
kelanjutan dari pendidikan progresif, metode aktivitas dibenarkan (learning by doing)
0 komentar:
Posting Komentar