Jumat, 12 Oktober 2018

Jangan Batasi Kemampuan Murid

Tulisan saya kali ini bertujuan untuk berbagi informasi kepada rekan pendidik, bahwa perlu kita mengetahui dan memahami tentang potensi siswa.

Tidak desikit guru yang memberikan 'cap tidak mampu' kepada siswanya sebelum diberi kesempatan kepada siswa. sehingga yang terjadi, potensi yang ada pada diri siswa tidak tereksplor.

Suatu hari, saya mengajar di kelas X SMA, saya bagi ke dalam beberapa kelompok, kemudian saya berikan tugas yaitu : setiap kelompok menyimpulkan pelajaran yang telah dibahas ke dalam bentuk lirik lagu.

awalnya, saya pesimistis mereka akan mampu, karena bagi saya itu sulit. Tapi saya berikan dorongan dan motivasi, sehingga di akhir jam pelajaran, di luar dugaan, siswa saya mampu menuntaskan tugas itu dengan baik dan bahkan melebihi ekspektasi saya.

its the key : "Jangan Batasi Kemampuan Murid"

0 komentar:

Posting Komentar