Kamis, 21 Oktober 2010

URGENSI EKSTRAKURIKULER


Para praktisi pendidikan mestinya menyadari pentingnya kegiatan ekstrakurikuler dan menerapkannya di sekolah yang dimpimpinnya masing-masing. Karena di dalam kegiatan ekstrakurikuler siswa mampu mengembangkan minat, bakat serta potensi yang dimilikinya. kita menyadari bahwa keguatan pembelajaran di kelas saja tidak mampu menampung semua kebutuhan siswa, oleh karenya kegiatan ekstrakurikuler merupakan salah satu solusi agar siswa memilih kegiatan apa saja yang diinginkannya sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya tentu dengan arahan dan bimbingan para guru.

Tidak bisa dipungkiri sebagian siswa mungkin tidak terlalu pandai di bidang pelajaran x tapi bisa jadi dia sangat mahir dalam pelajaran yang lain, nah, bayangkan kalau kita tidak memahami dan menyadari hal tersebut. maka minat dan bakat siswa tersebut akan terpendam dan dia akan merasakan ketidaksenangan dalam belajar karena dia merasa apa yang dia inginkan tidak bisa dipenuhi oleh gurunya.

oleh karena itu, bagi seluruh praktisi pendidikan khususnya para pemegang otoritas di sekolah maupun di kelas mari kita ciptakan dan berdayakan kegiatan ekstrakurikuler, jangan ada anggapan lagi ekstrakurikuler hanyalah sebagai kegiatan pengisi waktu kosong melainkan merupakan sebuah solusi yang sangat penting guna pengembangan minat, bakat serta kemampuan siswa.

wallohu a'lam

1 komentar: