Kamis, 11 November 2010

Manajemen Waktu Sekolah

Waktu belajar di sekolah relatif sangat singkat, oleh karenya para pimpinan sekolah harus mampu memenej waktu semaksimal mungkin agar waktu yang tersedia bisa tergunakan seefektif dan seefisien mungkin.
termasuk dalam manajemen waktu sekolah adanya kalender akademik, dimana dalam kalender akademik kita akan tahu berapa waktu untuk belajar efektif, libur, bermain, ujian, dll. Perumusan kalender akademik dibuat di awal tahun oleh karenya seluruh aktivitas akademik seperti belajar, libur, ujian haruslah disesuaikan dengan kalender akademik yang ada. sehingga tidak ada lagi alasan kurangnya waktu belajar, atau adanya libur-libu 'mendadak'. dan kalaupun ada hal-hal yang mendadak tentunya kita sudah menyiapkan rencana lain agar komitmen terhadap kalender akademik tidak ternodai. oleh karena itulah dalam segala hal kita harus mempunya planing A dan Planing B yang mana bertujuan apabila planing A tidak bisa dijalankan maka planing B diharapkan bisa mengganti planning A.
Akhirnya kita memang dituntut komitmen dan konsisten dalam melaksanakan kalender akademik tersebut. tanpa itu kita akan melayang di tengah-tengah dan sulit akan mencapai tujuan yang ingin dicapai.

wallohu a'lam.

0 komentar:

Posting Komentar