Kamis, 24 Oktober 2013

Pengertian dan Hakikat Ekstrakurikuler

Hakikat Ekstrakurikuler adalah kegiatan yang hampir di setiap sekolah dan perguruan tinggi ada. tapi, tidak jarang kita perhatikan kegiatan ekstrakurikuler itu tidak seperti yang diharapkan. maka lewat tulisan ini saya ingin menggambarkan kepada kita tentang hal-hal yang salah kaprah dalam memahami dan melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler. antaranya :
apa itu ekstrakurikuler?

pemahaman tentang pengertian dan hakikat ekstrakurikuler merupakan hal yang sangat penting, karena dari pemahaman inilah kegiatan ekstrakurikuler itu dapat dijabarkan dalam bentuk sub kegiatan. kesalahan dalam memahami ekstrakurikuler akan mengakibatkan kesalahan dalam merumuskan sub kegiatan tentu tujuannya pun tidak akan tercapai. kata ekstrakurikuler berasal dari dua kata atau dikenal dengan istilah majemuk, yaitu kata "ekstra" yang berarti di luar dan "kurikuler" yang berarti kurikulum. maka secara sederhana dapat kita pahami bahwa ekstrakurikuler adalah kegiatan di luar kurikulum yang dapat menambah pengetahuan dan keterampilan siswa.


Oleh karena itu ekskul pada dasarnya adalah aktifitas penunjang dan sarana untuk mengembangkan minat dan bakat siswa. Ekskul harus ditata dengan cara-cara yang modern dan gaya yang menarik serta lebih santai, dan tidak terkesan memberi beban tambahan kepada siswa serta mampu menampung keinginan dan partidipasi siswa. Siswa harus merasa senang dan bahagia apa yang dilakukannya di Ekskul, contoh di bidang seni, siswa harus mampu memberikan waktu dan perhatiannya demi untuk peran seni yang sedang ia geluti tanpa ada rasa beban, begitu juga bidang olah raga siswa dituntut senantiasa bahagia dan enjoy apa pun yang diinstruksikan oleh pelatihnya demi perkembangannya di dunia olah raga tersebut.

Jadi apabila ada siswa yang merasa terbebani dengan adanya ekskul yang ia ikuti maka ini sudah lari dari harapan yang idealnya.



0 komentar:

Posting Komentar