Perenialisme merupakan suatu aliran dalam
pendidikan yang lahir pada abad kedua puluh.Perenialisme menentang pandangan
progresivisme yang menekankan perubahan dan sesuatu yang baru.Perenialisme
memandang situasi dunia dewasa ini penuh kekacauan, ketidakpastian, dan ketidakaturan,
terutama dalam kehidupan moral, intelektual, dan sosio-kultural.Oleh karena
itu, perlu ada usaha untuk mengamankan ketidakberesan itu.
Beberapa prinsip pendidikan perenialisme secara umum, yaitu:
1) Walaupun perbedaan lingkungan, namun pada
hakikatnya manusia di mana pun dan kapan pun ia berada adalah sama. Tujuan
pendidikan adalah sama dentujuan hidup, yaitu untuk mencapai kebijakan dan
kebajikan. Pendidikan harus sama bagi semua orang, di mana pun dan kapan pun ia
berada, begitu pula tujuan pendidikan harus sama, yaitu memperbaiki manusia
sebagai manusia.
2) Rasio merupakan atribut manusia yang paling tinggi. Manusi harus menggunakannya
untuk mengarahkan sifat bawaannya, sesuai dengan tujuan yang ditentukan.
Manusia adalah bebas, namun mereka harus belajar untuk memperluas pikiran dan
mengontrol seleranya.
3) Tugas pendidikan adalah memberikan pengetahuan
tentang kebenaran yang pasti dan abadi. Kurikulum diorganusasi dan ditentukan
terlebih dahulu oleh orang dewasa, dan ditujukan untuk melatih aktivitas akal,
untuk mengembangkan akal.
4) Pendidikan bukan merupakan peniruan dari hidup.
Melainkan merupakan suatu persiapan untuk hidup.
5) Siswa seharusnya mempelajari karya-karya besar
dalam literatur yang menyangkut sejarah, filsafat, seni, begitu juga dalam
literatur yang berhubungan dengan kehidupan social, terutama politik dan
ekonomi.
0 komentar:
Posting Komentar