Kamis, 31 Maret 2011

Hakikat Kematian

Hidup ini sebenarnya proses perpindahan seseorang dari satu alam ke alam yang lain, maka tidak ada istilah kematian pada hakikatnya yang ada hanya perpindahan alam. dimulai dari alam ruh diwaktu janin berusia lebih urang tiga bulan, maka pindahlah ia ke alam kandungan biasanya  sembilan bulan. setelah selesai di alam kandungan maka ia berpindah ke alam dunia seperti yang kita rasakan sekarang ini. Tidak ada yang tahu berapa lama ia akan berada di alam dunia ini karena itu adalah rahasia Allah.
percaya atau tidak semua akan berpindah ke alam yang ke empat yaitu alam barzakh atau yang sering disebut dengan alam kubur. Barzakh artinya perbatasan yaitu perbatasan antara alam dunia dan alam akhirat. Seseorang yang telah berada di alam barzakh maka ia akan menunggu sampai waktu alam akhirat tiba, dan juga ia tidak akan bisa kembali ke alam dunia. Dan alam yang terakhir adalah alam akhirat, dimana di alam akhirat itu ada namanya mahsyar (berkumpul seluruh manusia mulai dari manusia pertama sampai manusia terakhir), hisab, mizan dan semuanya aka bermuara kepada syurga atau neraka. walal akhiroru khoirullaka minal ula  (dan sungguh akhirat itu lebih baik dari yang pertama, yaitu dunia)
Saya teringat dengan hadits Nabi yang mengatakan : "al-dunya mazro'atul akhirah" yang sekira-kira maksudnya : dunia ini tempat bercocok tanam untuk akhirat.
maka dari hadis di atas jelaslah bagi kita bahwa semua manusia akan kembali kepada Allah. dan yang menjadi permasalahannya adalah apakah kita kembali dalam keadaan baik atau justru kembali dalam keadaan buruk.

0 komentar:

Posting Komentar