Sabtu, 02 April 2011

Stop! Mencari Keslahan Orang Lain, Ayo benahi diri...

"Kandang ni halak nidaho, kandangmu inda nida ho"
"semut di seberang lautan tampak, gajah di pelupuk mata tidak tampak".
Kedua pribahasa itu sangat tepat dilayangkan kepada kita semua pada saat sekarang ini. mulai dari pejabat pemerintah, DPR, dan juga masyarakat bahkan di institusi pendidikan sekali pun. Kita sangat sibuk mencari kelemahan dan kesalahan orang dengan tujuan untuk menjatuhkan mereka. kritik dan saran memang dibutuhkan tapi kritik yang membangun dan dilandasi dengan niat yang tulus, berbeda dengan kritik sekarang ini yang justru terkesan mencari-cari kesalahan dan kelemahan orang lain.

Celakanya, dikarenakan asyik melihat dan mencari kelemahan orang lain, ia lupa akan membenahi dirinya sendiri. Sekarang ini kita membutuhkan kinerja yang nyata bukan hanya pepesan kosong belaka. Bersaing memang dibutuhkan, tapi bersaing sehat yang dilakukan dengan tindakan-tindakan yang baik, bukankah Al-Qur'an juga mengajarkan : Fastabiqul khoirot ? (berlomba-lomba dalam kebaikan). Semua sibuk menyerang dengan kata-kata, tapi alangkah indahnya kalau kritikan kata-kata bisa dibuktikan dengan tindakan yang nyata.
saat ini kita kehilangan contoh yang nyata, yang ada hanyalah khayalan dan teori belaka. Semua orang mengatakan perlunya perbaikan di semua lini, tapi anehnya tindakan mereka justru bertolak belakang dengan ucapannya.
Apabila ada kritikan pedas, seharusnya tidak dibalas dengan kritikan juga, melainkan kritikan itu dibantah dengan hasil karya yang baik. bukankah lisanul hal lebih fasih dari lisanul maqol?
Allah SWT mengingatkan kita : ya ayyuhalladzina amanu la yaskhor qoumun min qoumin, asa ayyakunu khoirom minhum, wala nisa un min nisa in asa ayyakunna khoirom minhunna...
Hai orang-orang yang beriman janganlah satu kaum menganggap remeh terhadap kaum yang lain, karena bisa saja kaum itu lebih baik dari kaumnya, dan janganlah wanita menganggap remeh terhadap wanita lain, karena bisa jadi wanita itu lebih baik dari dirinya...

maka wahai saudaraku semua...!!
Stop! mencari kesalahan orang lain, ayo benahi diri, tangkal semua serangan busuk dengan kinerja nyata.

0 komentar:

Posting Komentar