Minggu, 24 April 2011

Maling Teriak Maling

Maling teriak maling artinya adalah orang yang salah menyalahkan orang lain, tindakan ini sanagt tidak bisa ditelerir, dan ia mendapat dua kesalahan. Yang pertama kesalahan karena dia juga salah, yang kedua kesalahan karena dia hanya menyalahkan orang. Tapi anehnya, ini banyak terjadi. Bukan hanya di panggung politik nasiona atau kaum elit, dan di masyarakat-masyarakat bawah pun terjadi. Dan inilah yang membuat kita tidak maju-maju. Karena kita hanya sibuk mencari siapa yang salah, yang seharusnya kita juga mencari apa kesalahannya dan bagaimana cara memperbaikinya.

Maling teriak maling, biasanya orang yang meneriaki maling atau orang yang menyalahkan (mencari kesalahan) orang lain adalah untuk menutupi kesalahannya. Agar orang lupa dan tidak melihat bahwa dia pun salah. Tentu ini virus yang mematikan pendidikan bangsa kita, kalau ini terus berlarutlarut yakinlah, kita hanya akan sampai disini saja dan celakanya kita bahkan bisa mengalami kemunduran.

Maka oleh karena itu, seharusnya kita membangun semangat gotong royong, semangat kekompakan, dan semangat memperbaiki. Nah, terkadang disinilah peran seorang peminpin dibutuhkan. Kebijakannya dinanti untuk meredam situasi yang seperti ini, pemimpin harus objektif melihat permasalahan secara utuh dan satu lagi harus menerima aspirasi dari patner dan jangan terlalu memaksakan kehendak.
Pemimpin yang baik, bukanlah pemimpin yang tidak punya salah. tetapi pemimpin yang apabila melakukan kesalahan mau memperbaiki kesalahan itu.

0 komentar:

Posting Komentar