Senin, 05 Maret 2012

Perlunya Guru Senior

Guru merupakan tugas mulia dan tugas orang dewasa yang sebenarnya. betapa tidak karena misi guru adalah mengantarkan anak didik mencapai kedewasaan. Oleh karena itu kematangan dan kedewasaan guru sangatlah diperlukan.

Saat ini maraknya guru muda yang enerjik yang penuh dengan ide-ide segar serta kemampuan dalam mengolah teknologi sempat memberi harapan akan cerahnya dunia pendidikan kita. akan tetapi seiring waktu berjalan para guru muda belumlah seperti harapan
dunia pendidikan kita. para guru muda sering terlihat belum pas mengeban tugas membimbing dan mendidik, dimana dibutuhkan sebuah keikhlasan dan keteladanan. Kalau sekedar tugas mengajar guru muda kita saat ini memang sudah tahap menjanjikan.

Nah, dikarenakan usia guru muda kita masih relatif muda dan emosinya masih labil, sehingga terkadang belum mampu menerima kritikan dari orang lain. maka disinilah dibutuhkan peran seorang guru senior untuk membimbing para juniornya untuk lebih matang dan sabar dalam mendidik anak bangsa. Kehadiran sosok guru yang senior sangat membantu bagi perkembangan karir guru muda untuk belajar bagaimana mendidik yang sebenarnya. begitu juga kehadiran guru muda seharusnya menjadi mitra bagi guru senior yang mana mereka bisa saling berbagi pengalaman dan pengetahuan.

Akhirnya, Guru senior walaupun tidak terlalu menguasai teknologi akan tetap sangat dibutuhkan kehadirannya untuk memberi suntikan motivasi dan untuk membagi pengalaman kepada para guru muda yang saat ini marak. Guru muda jangan merasa hebat karena sudah menguasai teknologi, tapi urusan membimbing, mendidik dan mengarahkan dibutuhkan pengalaman, kesabaran, keinkhlasan dan itu disebut dengan kematangan jiwa atau kedewasaan yang hakiki.

wallohu a'lam.

0 komentar:

Posting Komentar