Selasa, 06 Maret 2012

Tiga Sifat Yang Menghancurkan Manusia

Pada dasarnya manusia adalah makhluk yang sangat baik baik dari segi bentuk dan rupa maupun dari segi sifat dan perbuatan. Sehingga di dalam al-Qur’an Allah memuji manusia dengan sebutan ahsani taqwim yaitu sebaik-baik bentuk dan Allah juga memuji manusia dengan mengatakan walaqod karramna bani adam artinya demi sesungguhnya Kami telah memuliakan keturunan Adam yakni manusia. Kemuliaan yang didapat manusia itu sewaktu-waktu bisa mengalahkan mulianya malaikat, akan tetapi tidak jarang juga kemuliaan manusia itu hilang dan menjadi makhluk yang sangat bejat dan sehingga lebih bejat dari binatang.


Saudaraku yang saya cintai,

Dalam kajian sejarah perjalanan kehidupan manusia ada tiga sifat yang mampu membinasakan manusia, menurunkan derajatnya, dan menghilangkan kemuliaannya. Yaitu :

1. Takabbur atau sombong
Bahayanya sifat sombong tidak perlu diperdebatkan lagi, Iblis telah merasakan akibatnya akibat kesombongannya dia didepak dari syurga dan dikutuk selama-lamanya dan dijanjikan akan menjadi penghuni abadi neraka. Walaupun sebelumnya Iblis dikenal mempunyai track record yang sangat mengagumkan, beribu tahun menjadi gurunya malaikat, berates tahun menjadi mengelilingi Arasy dan masih banyak lagi (lihat di tafsir Showi).

2. Rakus alias tamak
Nabi Adam dikenal menjadi makhluk yang sangat dicintai Allah pada saat itu sehingga Iblis dan malaikat pun disuruh untuk memberi hormat kepada Adam. Allah member fasilitas yang sangat lengkap kepada Nabi Adam, hanya satu yang tidak boleh dilakukan yaitu mendekati pohon khuldi. Tapi akibat rasa penasaran dan sifat tamak yang ada pada diri Nabi Adam ia tidak mampu melawan godaan hawa nafsu dan godaan syetan sehingga ia juga melanggat larangan Allah, akibatnya ia diusir dari sorga dan diturunkan ke bumi serta dicopot semua fasilitas yang selama ini dimilikinya. Sampai saat ini sifat rakus inilah yang juga membahayakan manusia, sudah diberi gaji dan fasilitas kehidupan yang cukup masih saja mencuri dan merampok yang bukan haknya, korupsi dimana-mana akibat sifat tamak atau rakus yang ada pada diri manusia itu.

3. Hasad alias dengki
Buruknya sifat ini juga sudah diperankan oleh anak dari Nabi Adam Qobil, Qobil tidak bisa menerima keputusan Allah tentang hokum perkawinan, ia lalu menanam rasa dengki di hatinya terhadap saudaranya sendiri, Habil. Yang pada akhirnya ia tega membunuh saudaranya sendiri akibat sifat dengki yang ada pada hatinya.

Hasad adalah SMS alias senang melihat orang susah dan susah melihat orang senang. Ia tidak bisa tidur kala tetangganya baru membeli kulkas baru, ia bahkan kena serangan jantung kala tetangganya baru saja membeli mobil baru. Lalu segala cara ia lakukan, ia bisa menuduh tetangganya ituberbuat yang tidak-tidak untuk bisa membeli mobil baru. Sifat dengki juga lah yang bisa membuat hidup manusia tidak akan bahagia dan dijauhi oleh orang –orang.

Akhirnya sebagai penutup, mari kita jaga kodrat kita sebagai makhluk yang mulia, seraya dengan menghindari dan membasmi sifat yang merusak kemuliaan manusia itu sendiri, yaitu : Sombong, Tamak dan Hasad.

0 komentar:

Posting Komentar