Minggu, 04 Maret 2012

Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

Pembelajaran yang berkualitas adalah impian semua elemen pendidikan. Banyak hal yang mempengaruhi berkualitas dan tidaknya sebuah pembelajaran, antaranya yang paling populer adalah guru dan sarana belajar.
1. Guru
Guru sebagai sumber belajar tidak perlu diperdebatkan lagi akan pentingnya kualitas seorang guru, secara normatif salah satunya dapat dilihat dari pendidikan formal seorang guru, paling tidak sudah mencapai strata satu (S-1), selain itu guru juga diperlukan kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama yang baik antar sesama guru dan kepada siswa, dan yang paling penting adalah guru harus memiliki kepribadian yang luhur yang menjadi contoh nyata bagi siswa-siswanya.



2. Sarana Belajar
Sarana belajar juga sangat mendukung kualitas pembelajaran, tapi perlu diingat secanggih apa pun sarana belajar di suatu sekolah, kalau guru tidak berkualitas (tidak mampu memerankan tugasnya seperti seharusnya) tidak akan banyak berpengaruh pada peningkatan kualitas belajar.

Oleh karena itu, ujung tombak kualitas belajar adalah terletak pada sosok seorang guru, mulai dari pengetahuan, kecakapan mengajar dan kepribadian yang luhur. ketiga aspek inilah yang harus dikembangkan secara bersamaan oleh instansi pendidikan bila mana ingin meningkatkan kualitas pembelajaran. Dan ketiga aspek itu jugalah sebenarnya yang disebut dengan profesionalisme guru.

Maka tidak repot lagi kalau kualitas pendidikan kita masih belum memuaskan, yang pertama sekali kita perhatikan adalah unsur guru yang meliputi ketiga aspek yang telah disebutkan, pengetahuan, kecakapan mengajar dan kepribadian yang luhur.

wallohu a'lam

0 komentar:

Posting Komentar