Kamis, 01 Maret 2012

Menjadi Guru Yang Berkarakter

Kemaren sore saya menonton acara televisi yang belakangan ini mulai saya sukai, HITAM PUTIH. sore itu Dedy mengundang seorang guru matematika yang khas, Pak Eko namanya. sangkin uniknya dia sempat disebut dengan 'guru gila', bayangkan dia dalam mengajarkan matematika dia membawa patung jailangkung ke kelas, setiap belajar matematika semua siswa dan pak Eko memakai topi karton layaknya ada yang ulang tahun. tapi akhirnya 'kegilaan'nya itu berhasil, orang-orang sekitarnya itu baik guru maupun siswa akhirnya mengakui keunikan mengajar pak Eko itu ternyata berbuah positif.



Diujung acara ketika sang pembawa acara meminta pak Eko untuk mengatakan statemen kepada seluruh guru di Indonesia, lalu pak Eko mengatakan begini :

Jadilah guru yang berkarakter, salah satu yang ciri yang berkarakter itu ialah : Guru harus menganggap mengajar itu sebagai ibadah, siswa harus dianggap sebagai amanah yang harus dibantu untuk 'menyeberang' agar sampai ke tujuan yang diinginkannya. Selanjutnya guru harus menciptakan khasnya sendiri, supaya murid tidak bosan....

Intinya adalah, menganggap sesuatu yang kita lakukan itu adalah ibadah yang akan mendapat ganjaran dari Allah Swt, akan menjadikan kita lebih ikhlas dalam mengajar dan semangat yang tinggi.

wallohu a'lam.

0 komentar:

Posting Komentar