Sabtu, 21 April 2012

Esensi Peringatan Hari Kartini Bagi Dunia Pendidikan

Paling tidak setiap tahunnya kita memperingati Hari Kartini tepatnya setiap tanggal 21 April. Tentu kita tidak menginginkan peringatan ini hanya sekedar seremonial dan basa basi belaka, karena R.A. Kartini tidak pernah menyuruh kita untuk meniru pakaiannya dan juga mencontoh cara bendandannya melainkan yang terlebih penting adalah bagaimana kita mampu mengambil pelajaran apa yang pernah dilakukan oleh R.A. kartini sekaligus menjadi pengaruh dalam kehidupan kita di masa sekarang ini.


Esensi peringatan hari kartini terutama bagi dunia pendidikan adalah bagaimana kita meniru dan meneladani semangat Ibu R.A. Kartini dalam memperjuangkan hak-hak perempuan pada khususnya. R.A Kartini sebagaimana kita ketahui memiliki semangat juang yang tangguh, dan kecintaannya terhadap bangsa Indonesia. Dia mau 'melawan' sesuatu yang dianggapnya salah.

Hal inilah yang saya anggap penting untuk diteladani, kita ketahui sekarang ini kita tidak memiliki semangat hidup khususnya melawan segala ketidakbenaran. sesuai dengan pribahasa "berani karena benar, takut karena salah". Sikap inilah yang sekarang ini mulai hilang dari permukaan bumi ini. Orang tidak malu lagi berbuat salah bahkan sudah merasa bangga. Nah, dalam momen yang tepat ini mari kita bangun kembali jiwa dan watak generasi kita agar menjadi jiwa-jiwa yang penuh dengan semangat untuk kebaikan orang banya sebagaimana yang pernah diperagakan oleh R.A. Kartini.

"Selamat Hari Kartini Bagi Seluruh Wanita di Indonesia, Jadilah wanita yang mampu menghebatkan kaum pria"

0 komentar:

Posting Komentar