Kamis, 19 April 2012

Guru Harus Jadi Model

Salah satu misi guru adalah menciptakan generasi yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, mempunyai akhlakul karimah serta mempunyai keterampilan dan pengetahuan yang luas. Khusus hal bertaqwa dan berakhlakul karimah tidaklah cukup hanya dengan memberikan ceramah di kelas. melainkan lebih dari itu. guru diharap mampu menjadi contoh atau model dan panutan bagi siswa bagaiman menjadi manusia yang bertaqwa dan bagaimana menjadi siswa yang berakhlak mulia.



Inilah yang dimaksud dengan teaching by example, mengajar sambil menjadi ontoh. Seorang anak akan menertawai ayahnya yang menyuruhnya melaksanakan sholat tapi sia anak justru tidak pernah melihat orang tuanya melaksanakan sholat. Begitu juga dalam sekolah atau dunia pendidikan, akan menjadi bias bilamana guru menyuruh siswa melaksanakan sholat tepat pada waktunya tanpa didukung dengan contoh yang konkrit.

Maka pesan saya adalah bagaimana seorang guru menjadi model bagi siswa-siswanya. oleh karena itu guru harus membuat standar yang tinggi tentang manusia yang bertaqwa dan manusia yang berakhlakul karimah.
terakhir ada ungkapan yang mengatakan :
"lisanul hal afsohu min lisanil maqol" bahasa tubuh lebih jelas dibanding bahasa lidah.

wallohu a'lam

0 komentar:

Posting Komentar