Rabu, 18 April 2012

Pembelajaran Interaktif

Dalam era moderenisasi seperti sekarang ini di mana teknologi semakin canggih tidak bisa tidak, kita harus ikut di dalamnya. Dalam kaitannya dengan pembelajaran, moderenisasi 'memaksa' kita agar merubah pola pembelajaran yang selama ini diperaktikkan, salah satunya dari pembelajaran satu arah menjadi pembelajaran dua arah atau disebut dengan pembelajaran interaktif.


Pembelajaran interaktif adalah pembelajaran yang menggunakan sistem komunikasi dua arah, yaitu guru ke siswa dan siswa ke guru. Guru tidak seratus persen menjadi informan, tapi guru harus mampu menstimulus minat siswa agar mampu menjadi informan bagi siswa -siswa yang lain, sehingga terciptalah komunikasi dua arah. terkadang guru yang bertanya siswa menjawab atau sebaliknya siswa yang bertanya guru yang menjawab atau bahkan siswa yang lain bisa mengomentari jawaban dari guru maupun siswa yang lain.

Pembelajaran interaktif ini sangat membantu untuk perkembangan dan kemajuan minat dan bakat siswa dalam berkomunikasi serta menyampaikan pendapat di depan forum. Selain itu, juga sangat membantu untuk mengembangkan imajinasi dan wawasannya. sehingga terciptalah siswa yang mandiri dalam berpendapat, bersikap dan berbuat. dan inilah yang dikehendaki oleh para pakar pendidikan yanitu menciptakan manusia yang dewasa dan mandiri.

Akan tetapi, pembelajaran interaktif ini tidaklah semudah yang kita bayangkan, tapi tidak juga sesulit yang kita pikirkan, kita hanya harus rela mengorbankan waktu untuk mencari materi pembelajaran dan tentu harus didukung dengan teknologi dan sarana pendukung lainnya.

Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar