Selasa, 03 April 2012

Urgensi Filsafat Pendidikan Terhadap Guru

Filsafat pendidikan merukapan disiplin ilmu yang sangat peting bagi setiap pengembang dan pelaku pendidikan. Oleh karena itu Filsafat pendidikan menempati posisi salah satu dari sekian MKDK di Fakultas Tarbiyah/FKIP. Filsafat pendidikan mengkaji tentang hakikat pendidikan itu, mulai dari hakikat pendidik, anak didik, bahkan sampai ke tujuan itu sendiri.



Mata Kuliah ini dianggap mampu memberikan wawasan kepada calon guru agar mampu berfikir dan bertindak secara logis, mendasar dan sistematis sesuai dengan kriteria filsafat itu sendiri.

Lemotnya minat dan semangat guru dalam menjalankan aktivitas mengajar serta kakunya dalam mengajar banyak dipengaruhi ketidakpahaman atau ketidaklulusan dalam mengikuti mata kuliah Filsafat pendidikan. contohnya, Hakikat seorang anak didik disebutkan bahwa anak didik mempunyai dunianya sendiri maka dengan landasan ini seorang guru akan menyesuaikan metode serta pendekatan yang akan digunakan dalam menyampaikan pelajaran. begitu juga sebaliknya guru itu akan mengikuti seleranya sendiri tanpa memperdulikan kemauan siswanya dalam mengajarkan sebuah pelajaran apabila ia tidak memahami tentang hakikat anak didik.

Oleh karena itu, Filsafat pendidikan sangat penting sebagai modal atau dasar kita dalam berpikir, bertindak dan berbuat dalam memajukan pendidikan.

0 komentar:

Posting Komentar