Selasa, 24 April 2012

Metode Belajar Bebasis Internet

Kemajuan teknologi sudah tidak bisa dibendung lagi, dimana-mana ada internet dengan ongkos yang relatif murah. Lantas, apa yang bisa kita kembangkan dari kemajuan internet ini?

Saya ingin berbagi dengan kawan-kawan khususnya yang berprofesi sebagai guru tentang metode belajar berbasis internet. Tadi siang, sewaktu saya mengajarkan tentang rukun iman yang ke-3 yaitu beriman dengan kitab-kitab Allah, saya menggunakan metode yang saya katakan metode berbasis internet. ini semua bertujuan untuk menciptakan pembelajaran interaktif.


Awalnya, saya hanya menyampaikan secara garis besar tentang gambaran materi yang akan dipelajari, setelah itu saya membagi siswa kepada beberapa kelompok (kalau bisa maksimal 3 orang per kelompok). kemudian saya membagi tugas yang akan dicari oleh masing-masing kelompok melalui internet. dan di akhhir pelajaran masing-masing kelompok membacakan kesimpulan yang telah dibahasnya.

Dan guru bertugas sebagai pembimbing bagi siswa dalam mensearching informasi-informasi dari internet, untuk memilah dan memilih situs atau sumber mana yang dapat dipercayai.

Adapun efektifnya metode ini harus didukung dengan :
Internet/ wi-fi,
Komputer, laptop  yang cukup,
kemampuan siswa mengoperasikan komputer.

0 komentar:

Posting Komentar