Minggu, 15 April 2012

Materi Pelajaran : Dosa Besar

Sebelum membahas terlebih dahulu tentang materi pembelajaran dosa besar, terlebih dahulu kita ketahui apa itu pengertian dosa. Dosa adalah ganjaran akibat melanggar aturan Allah Swt. Ditinjau dari jenisnya dosa dibagi kepada dua jenis, dosa kecil dan dosa besar. Pembagian ini bukan berarti untuk menyepelekan perbuatan dosa itu sendiri melainkan untuk memudahkan kita mengantisipasi apa yang membahayakan bagi kita dan yang sangat membahayakan.



Dosa kecil dan dosa besar merupakan sesuatu yang berbahaya yang harus dihindari. analoginya adalah bagaikan dibakar dengan api lilin dan dibakar dengan obor, sama-sama sakit dan meninggalkan luka akan tetapi, tentu dibakar dengan obor lebih sakit dan dan lukanya lebih parah.

Sebenarnya jumlah dosa besar itu sangat beragam bayaknya, karena dosa itu dikategorikan besar atau tidak dilihat dari akibat perbuatan dosa itu sendiri, kalau akibatnya sangat membahayakan maka dapat dikategorikan sebuah dosa besar. akan tetapi ada beberapa hadis Nabi yang populer yang merincikan dosa macam- macam dosa besar, antara lain :

  1. Syirik, perbuatan syirik yaitu mempercayai ada lebih berkuasa di atas kuasanya Allah SWT
  2. Durhaka pada orang tua, batas seseorang itu dikatakan durhaka adalah membuat hati orang tua tersinggung dan sakit hati sampai orang tuanya memaafkannya.
  3. Menuduh wanita baik-baik melakukan berzina, (memfitnah)
  4. Membunuh manusia yang dilarang membunuhnya
  5. Memakan harta anak yatim
  6. memakan harta riba
  7. Lari dari peperangan
  8. Sihir
  9. Perbuatan dosa kecil yang dilakukan secara berulang-ulang (rutin)
 Bahaya dosa besar adalah Allah tidak mengampuninya kecuali ia melakukan taubat nasuha, akan tetapi dosa kecil ada kemungkinan Allah dengan sifatnya yang Maha pengampun memaafkannya sebelum kita minta ampun..
wallohu a'lam.

1 komentar: