Selasa, 06 Desember 2011

Hakikat Evaluasi Pendidikan

Tahukah kamu apa hakikat evaluasi pendidikan?

Evaluasi merupakan satu unsur/komponen yang paling penting dalam sistem pendidikan, banyak pakar-pakar pendidikan menjelaskan tentang pentingnya evaluasi pendidikan itu.
Sedemikian banyaknya jenis dan bentuk evaluasi itu, pada hakikatnya adalah mempunyai tujuan dan maksud yang sama. paling tidak hakikat evaluasi pendidikan itu antara lain :

1. Sebagai alat pengukur akan keberhasilan belajar bagi siswa dan keberhasilan mengajar bagi guru.
oleh karena itu evaluasi bukan hanya berlaku untuk siswa melainkan yang paling penting adalah evaluasi merupakan modal utama bagi guru untuk mengetahui apakah cara mengajar yang telah ia lakukan berhasi atau tidak? dan kalau sekiranya jawabannya belum berhasil tentu harus ada perbaikan-perbaikan.

2. Sebagai modal untuk melakukan perbaikan
hasil evaluasi yang sudah dikonversikan ke dalam angka-angka seharusnya menjadi modal bagi seorang guru untuk mengambil langkah-langkah apa saja yang akan ia lakukan ke depan, khususnya langkah-langkah perbaikan dalam mengajar. dengan hasil evaluasi guru dituntut memikirkan apakah metode yang digunakan selama ini baik atau tidak, jika sudah baik maka hendak dipertahankan dan ditingkatkan lagi, jika tidak maka hendaklah guru tersebut mereformasi diri dan memperbaiki metode dan gaya mengajarnya. karena kegagalan siswa bukan hanya disebabkan oleh siswa itu sendiri melainkan bisa juga dikarenakan ketidakmampuan guru dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

0 komentar:

Posting Komentar