Selasa, 13 Desember 2011

Kapan dilakukan Remedial?

Kesalah pahaman tentang waktu pelaksanaan remedial marak terjadi. Banyak orang menganggap remedial itu dilakukan hanya setelah selesai ujian semester, manakala nilai seorang siswa tidak mencukupi pencapaian KKM (kriteria ketuntasan minimum).

Tentu anggapan ini sedikit kurang utuh, remedial seyogianya dilakukan setelah selesai evaluasi, baik evaluasi harian (formatif), tengah semester maupun semester. sehingga nantinya semua siswa mempunyai nilai yang lengkap dan sesuai dengan KKM, karena manakala siswa belum mencapai KKM setelah selesai ujian Formatif 1 misalnya, dia harus diremedial (mengulang) pada saat setelah selesai ujian formatif itu sehingga semua siswa harus tuntas belajarnya, bukan menunggu selesainya ujian semester.

Kebanyakan pemahaman yang terjadi di lapangan bahwa remedial dilakukan setelah ujian semester sewaktu nilainya sudah ditotalkan dari nilai formatif, tugas, kuis, mid dan semerter tapi belum mencapai KKM. Sementara hasil nilai formatif misalnya ada siswa yang tidak mencapai KKM tidak diremedial tentu akan mengganggu nilainya pada saat penjumlahan nilai keseluruhan.

Remedial adalah ujian ulang bagi siswa yang belum mencapai nilai KKM.

(tulisan ini hasil diskusi Muzanni Lubis bersama Ibu Saudatus Saniah Tanjung, Guru SMK Namira Tech Nusantara)

0 komentar:

Posting Komentar