Jumat, 09 Desember 2011

Mengapa Siswa Malas Ke Sekolah?

Pertanyaan ini sering muncul di benak kalangan praktisi pendidikan, seirig dengan banyaknya siswa yang bolos belajar. Berbagai teori pun diungkapkan untuk memberikan spekulasi jawaban atas pertanyaan tersebut. Dari pengalaman yang saya alami dan amati paling tidak ada dua alasan mengapa siswa malas ke sekolah :

1. Kurangnya Motivasi dari dalam dirinya,
Ia tidak tahu alasan apa yang  'memaksa' ia ke sekolah, menurutnya ia ke sekolah hanya duduk dan diabsen terus diberi PR. ia tidak memahami apa gunanya ia ke sekolah (belajar) bagi dirinya di masa sekarang dan masa yang akan datang.

2. Kurangnya Motivasi dari luar (lingkungan)
Lingkungan Sekolah semestinya menyediakan sarana dan wadah pengembangan minat dan bakat belajar siswa yang menyenangkan. Sehingga ketika siswa itu tidak terlalu tertarik dengan pelajaran hari itu tapi dikarenakan ada kegiatan lain yang bisa ia lakukan/dapatkan di sekolah ia tetap bersemangat datang kesekolah.

Adapun wadah yang bisa duganakan untuk menambah motivasi siswa ke sekolah ialah antara lain dengan menyediakan kegiatan-kegiatan ekskul yang relevan dengan minat dan bakat siswa. seperti ekskul Olah raga (Sepak Bola, Futsal, Basket, dll), Ekskul Seni (Tari, Nyanyi, Drama, puisi, dll) atau Ekskul Wawasan (Club IT, Club Bahasa Inggris, Club Sains, dll), dan Ekskul Keorganisasian (Osis, Pramuka, dll).
Nah, sekarang tinggal memilih saja mana yang diambil dari sekian banyaknya opsi pilihan di atas. tentu harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi SDM di sekolah tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar