Sabtu, 31 Desember 2011

Memaknai Libur Semester

Tinggal kurang lebih 9 hari lagi, masa-masa libur semester pun akan berakhir, dan akan datang semester baru (genab) yang mana rutinitas akan dimulai kembali. Rehat selama dua minggu yang sengaja diciptakan diharapkan tidak berlalu begitu saja melainkan harus dimaknai dengan sebaik-baiknya. Lantas bagaimanakah semestinya praktisi pendidikan atau warga sekolah memaknai libur semsester ini?.
Libur semester haruslah dimaknai dengan baik dan bijak, masing-masing pihak memaknainya dengan berbeda-beda, antara lain :
1. Siswa, Seorang siswa harus pandai memaknai dan mengisi liburan ini dengan hal-hal yang positif dan menghibur dirinya, sehingga kepenatan selama satu semester akan hilang  dan siap kembali memulai semeseter baru, Mengisi liburan tidak mesti mengeluarkan uang yang banyak, yang penting hal-hal yang membuat kita senang dan rileks, seperti, olah raga, mengunjungi famili, teman dsb.
2. Guru, Guru harus memaknai liburan ini dengan bijaksana, berawal dari evaluasi semester sebelumnya kiranya di masa liburan ini guru dituntut mampu mencari inspirasi sekaligus solusi bagi permasalahan yang didapat selama melakukan proses pembelajaran dengan siswa., sperti memperbaharui RPP, Silabus dll.
3. Sekolah, pihak sekolah dalam mengisi liburan lebih sedikit waktunya, karena sekolah harus menyiapkan segala inprastruktur yang akan diperluakan untuk semester berikutnya, dan juga menyiapkan segala hal yang diperlukan dlam menunjang jalannya proses pendidikan di sekolah nantinya. sehingga pada saat belajar semester baru mulai bergulir semua hal-hal yang diperlukan sudah dalam keadaan ready.

0 komentar:

Posting Komentar