Senin, 05 Desember 2011

Guru Sebagai Pembimbing


 Salah  satu fungsi guru adalah menjadi pembimbing bagi siswa-siswanya. Guru dituntut agar senantiasa memberika layanan bimbingan kepada siswa. Peranan sebagai pembimbing ini dibedakan menjadi dua, yaitu : pembimbing di dalam kelas dan pembimbing di luar kelas.
          1.   Layanan Bimbimbingan di kelas
Agar setiap guru mampu memberikan layanan bimbingan ini dengan totalitas dan penuh tanggung jawab, hendaklah guru tersebut mengetahui tugas-tugas apa saja yang harus dilakukannya dalam rangka memberikan layanan bimbingan kepada siswa di dalam kelas.
Rochman Natawidjaja dan Moh. Surya dalam bukuProf. Soetjipto dan Raflis Kosasi diterangkan bahwa hal-hal yang menjadi tugas seorang guru dalam memberikan layanan bimbingan di kelas antara lain :
a.       Memperlakukan dengan sikap yang baik dan wajar bagi setiap siswa dengan potensi yang ada dalam diri siswa itu.
b.      Memberikan kenyamanan kepada siswa ketika proses belajar mengajar berlangsung
c.       Memberikan penghargaan yang proporsional kepada setiap siswa
d.      Tidak berpura-pura di depan siswa
e.      Menerima siswa apa adanya, tidak membeda-bedakan antara siswa yang satu dengan yang lainnya dalam memberikan pembelajaran
f.        Menyadari bahwa tujuan mengajar bukan hanya penguasaan setiap materi melainkan juga pembentukan sikap kedewasaan yang ditimbulkan dari diri siswa.
g.       Memberikan layanan tambahan bagi siswa yang tidak/belum memahami materi pelajaran yang telah dipelajari

2.    2.    Layanan Bimbingan di Luar Kelas
Jabatan guru tidak bisa tanggal setelah ia keluar dari kelas, melainkan jabatan sebagai guru tetap melekat pada diri guru dimana pun ia berada baik di kelas maupun di luar kelas. Sehingga fungsi guru sebagai pemberi layanan bimbingan juga tidak hanya di kelas saja melainkan juga di luar kelas. Tugas-tugas yang bisa dilakukan oleh guru dalam rangka memberikan layanan bimbingan di luar kelas antara lain :
a.       Memberikan pengajaran perbaikan (remedial teaching)
b.      Memberikan pengayaan dan pengembangan bakat siswa
c.       Melakukan home visit
d.      Menyelenggarakan kelompok belajar yang bermanfaat untuk :
1.       Membiasakan anak untuk bergaul dengan teman-temannya, bagaimana mengemukakan pendapatnya dan menerima pendapat dari teman lain.
2.       Merealisasikan tujuan pendidikan dan pengajaran melalui belajar secara kelompok
3.       Mengatasi kesulitan-kesulitan belajar secara bersama-sama
4.       Belajar hidup bermasyarakat
5.       Memupuk rasa kekeluargaan dan kegotongroyongan
(sumber : Profesi Keguruan karangan : Prof. Soetjipto dan Drs. Raflis Kosasi)

0 komentar:

Posting Komentar