Selasa, 20 Desember 2011

Rapot Sebagai Instrumen Komunikasi Guru-Orang Tua Siswa

Apa itu Rapot?, Rapot adalah buku kumpulan hasil belajar siswa tiap semesternya. Di dalam rapot direkam seluruh keberhasilan siswa dalam menyerap pembelajaran. Bukan hanya itu di rapot juga dituliskan tentang akhlak dan kehadiran siswa selama per semesternya.

Untuk apa ada rapot?
Secara filosofi tangung jawab pendidikan anak itu ada di tangan orang tua dan guru, ketika orang tua menyerahkan anaknya ke sekolah maka sekolah juga ikut bertanggung jawab atas kemajuan dan perkembangan anak itu sesuai dengan wewenangnya. Maka pada dasarnya tanggung jawab pendidikan anak itu adalah kerjasama sekolah (guru) dengan orang tua, sehingga dibutuhkan komunikasi yang berkelanjutan dan bersinergi antara sekolah dengan orang tua siswa.

Salah satu instrumen komunikasi guru-orang tua siswa adalah dengan rapot. rapot yang berisi nilai-nilai perkembangan siswa semestinya diberikan sekolah kepada orang tua dan orang tua membaca dan memahami sejauh mana perkembangan anaknya. Sehingga di rapot harus ada tanda tangan orang tua sebagai simbol bahwa orang tua juga ikut bertanggung jawab atas hasil anak itu apakah hasilnya baik maupun buruk. Maka dengan dasar inilah yang paling berhak menerima rapot adalah orang tua bukan siswa, dan kemudian orang tua memanggil anaknya untuk mendiskusikan hasil belajarnya itu, sehingga diharapkan juga ada komunikasi yang baik antara orang tua dengan anaknya.

Data-data yang ada di rapot yang sudah dipahami dan dikomunikasikan dengan orang tua seyogianya menjadi entri point untuk mengambil tindakan apa yang akan dilakukan ke depan baik oleh sekolah maupun orang tua.  Bisa jadi penurunan belajar siswa atau ketidak tercapaian target belajar adalah disebabkan kurangnya perhatian khusus dari orang tua atau guru. maka dengan adanya rapot semestinya menjadi pelajaran yang berharga bagi semua pihak untuk perbaikan-perbaikan ke depan.

Wallohu a'lam

0 komentar:

Posting Komentar